Thursday, January 10, 2019

6 Bahan untuk Menghilangkan Bekas Luka Bakar Secara Alami


Hampir semua orang pernah mengalami luka bakar, entah itu karena air panas, knalpot, atau jilatan api. Kadang luka seperti ini bisa hilang dalam waktu yang relatif singkat. Tetapi lebih seringnya lagi meninggalkan bekas yang tak sedap dipandang mata.

Luka bakar tingkat dua dan tiga biasanya meninggalkan bekas parut hingga tonjolan yang sulit dihilangkan tanpa operasi atau perawatan laser. Tetapi bekas luka bakar tingkat satu biasanya hanya mempengaruhi lapisan kulit luar, sehingga lebih cepat memudar.

Bagi Anda yang ingin menghilangkan bekas luka bakar tingkat satu, silakan coba beberapa bahan alami yang direkomendasikan oleh Boldsky berikut :

1. Madu

Madu digunakan sebagai bahan pembantu untuk mempercepat penyembuhan luka pada bisul, infeksi, dan luka bakar. Madu juga membantu dalam mengobati infeksi yang disebabkan oleh luka bakar dan bahkan membantu memudarkan bekas luka bakar hingga delapan puluh persen.

Bahan :

  • 2 sendok makan madu organik
  • 1 sendok teh air perasan kunyit/kunyit bubuk

Instruksi:

1. Campur madu dan kunyit, kemudian oleskan pada bekas luka bakar. Diamkan selama 10-15 menit, setelah itu usap dengan handuk basah atau kapas yang sudah dibasahi dengan air bersih.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi dan khasiat penyembuhan terhadap luka, termasuk luka bakar yang mengganggu penampilan. Getah tumbuhan berkhasiat ini juga dapat membantu menenangkan kulit yang mengalami iritasi.

Bahan:

  • 2 sendok makan getah lidah buaya
  • 1 sendok makan air mawar

Instruksi:

1. Keluarkan getah lidah buaya dari daunnya yang masih segar, kemudian campur dengan air mawar. Aduk hingga merata.
2. Oles campuran tersebut pada bekas luka bakar, kemudian lakukan pijatan ringan. Biarkan selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air.
3. Ulangi perawatan ini dua kali sehari untuk hasil yang diinginkan.

3. Kunyit & Susu

Kunyit memiliki sifat antiinflamasi serta antiseptik yang efektif untuk membantu mengobati bekas luka bakar. Sementara susu membantu menenangkan kulit yang teriritasi dan menghilangkan bekas luka yang tertinggal.

Bahan:

  • 2 sdm susu murni
  • 1 sendok teh air perasan kunyit/kunyit bubuk

Instruksi:

1. Campur susu murni dan kunyit dan aduk hingga rata.
2. Ambil kapas atau korek kuping, kemudian celupkan ke dalam campuran kunyit dan susu. Oleskan pada bagian yang mengalami luka bakar. Pijat dengan lembut selama beberapa menit dan biarkan selama 5 menit lagi.
3. Cuci bersih dengan air atau bersihkan dengan handuk basah. Ulangi perawatan ini dua kali sehari untuk hasil yang diinginkan.

4. Tomat, Putih Telur, & Yogurt

Dengan khasiat menyejukkan kulit yang dimilikinya, tomat dapat membantu mencerahkan warna kulit di area yang mengalami luka bakar.

Sementara itu, yogurt dan putih telur juga membantu memudarkan bekas luka bakar.

Bahan:

  • 1 sendok makan tomat yang sudah dilumatkan
  • 1 sendok makan yogurt
  • 1 sendok makan putih telur

Instruksi:

1. Campur semua bahan sampai menjadi pasta halus. Oleskan pada area bekas luka bakar, kemudian pijat dengan lembut menggunakan jari-jari. Biarkan selama 15 menit. Setelah itu cuci dengan air dingin.
2. Ulangi perawatan ini dua kali sehari untuk hasil yang signifikan.

5. Kentang

Cairan getah yang dimiliki kentang efektif untuk mencerahkan kulit, menyamarkan kantung mata, dan membantu memudarkan bekas luka bakar jika digunakan secara teratur.

Bahan:

  • 1 kentang ukuran sedang, rebus

Instruksi:

1. Ambil kentang rebus, kupas dan potong menjadi dua bagian.
2. Ambil sepotong kentang dan mulailah menggosoknya di area bekas luka bakar. Pijat dengan lembut sekitar 5-10 menit, lalu basuh dengan air dingin.
3. Anda juga bisa menggosok kulit kentang segar yang sudah dicuci pada bekas luka bakar. Ulangi perawatan ini dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.

6. Bawang Merah & Lavender

Bawang merah mengandung sulfur dan quercetin yang dapat membantu menghilangkan bekas luka bakar yang membandel sedangkan minyak esensial lavender memiliki sifat antiseptik yang ampuh dalam membantu menenangkan kulit yang terbakar dan teriritasi.

Bahan:

  • 1 butir bawang merah, kupas
  • 1 sendok teh minyak esensial lavender

Instruksi:

1. Ambil bawang merah, haluskan, dan peras airnya. Pindahkan ke mangkuk, kemudian campur dengan minyak esensial lavender.
2. Ambil kapas atau korek kuping, celupkan ke dalam campuran tadi dan gosokkan pada bekas luka bakar selama 5 menit.
3. Diamkan selama 5 menit dan kemudian cuci dengan air dingin. Ulangi perawatan ini dua kali sehari untuk hasil yang signifikan.

0 comments:

Post a Comment