Tuesday, February 12, 2019

Cara Klaim Asuransi Prudential Bila si Tertanggung Meninggal


Pentingnya memiliki asuransi jiwa adalah salah satunya keluarga bisa dapatkan pergantian kerugian finansial yang diakibatkan si tertanggung meninggal dunia. Si tertanggung ini, dalam hal ini adalah Anda. Kalau Anda pakai asuransi Prudential, Anda harus mengikuti cara klaim asuransi Prudential yang benar. Bagaimana cara klaim asuransi tersebut?

Siapkan Berkas Pendukung

Sebelum Anda melakukan klaim untuk asuransi jiwa Prudential, Anda harus menyiapkan semua berkas pendukung yang diperlukan agar klaim Anda diterima. Beberapa berkas yang harus Anda sediakan itu adalah polis asuransi dan endorsement yang asli. Selain itu, Anda juga harus melampirkan fotokopi seluruh hasil pemeriksanaan laboratorium dan radiologi.

Jangan lupa untuk menyiapkan berkash berupa fotokopi KTP atau identitas diri dari si penerima manfaat yang dalam hal ini adalah seluruh anggota keluarga dari si tertanggung. Lalu, Anda juga harus melampirkan surat keterangan meninggal dari dokter atau rumah sakit yang berisikan keterangan penyebab si tertanggung meninggal dunia.

Jangan lupa juga, Anda harus melampirkan surat keterangan meninggal dunia dari pemerintah setempat tempat Anda tinggal. Anda juga diharuskan untuk melampirkan surat keterangan kepolisian atau BAP jika si tertanggung meninggal dunia diakibatkan karena kecelakaan. Jika semua sudah siap, baru Anda bisa melakukan klaim asuransi jiwa tersebut.

Bagaiman Prosedur Klaim Asuransi Jiwa di Prudential

Untuk cara klaim asuransi Prudential untuk asuransi yang satu ini, pertama Anda harus memberitahu perusahaan asuransi bahwa si tertanggung meninggal dunia lebih dulu. Anda bisa memberitahukannya melalui surat keterangan kematian. Setelah itu, tunggulah perusahaan asuransi mengirimkan formulir klaim asuransi meninggal dunia ke alamat Anda.

Jika sudah didapat, Anda tinggal mengisi formulir yang ada sekaligus dengan menyiapkan berkas yang dibutuhkan. Jika Anda sudah melengkapi semua berkas yang dibutuhkan tadi dan sudah mengisi formulir pengajuan klaim asuransi Prudential, Anda harus menunggu perusahaan melakukan analisis dalam proses klaim asuransi ini.

Nantinya, proses analisis ini berguna untuk verifikasi bagaimana status polis tersebut. Apakah masih aktif atau tidak. Selain itu, juga agar perusahaan asuransi mendapatkan info mengenai diri tertanggung dan informasi kematian si tertanggung. Verifikasi ini juga bertujuan untuk mencari tahu apakah si tertanggung benar-benar meninggal atau tidak.

Apabila klaim dinyatakan sah, maka perusahaan akan melakukan perhitungan kewajiban yang harus dibayarkan pada penerima manfaat. Prosedur terakhir dalam proses ini adalah pembayaran klaim asuransi jiwa. Namun, Anda harus sabar karena proses ini memakan waktu terlebih bila dana yang diklaim sangat besar.

Nah, sudah tahu bagaimana cara klaim asuransi Prudential untuk asuransi jiwa karena si tertanggung meninggal dunia, kan? Anda harus melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan agar klaim tersebut diterima. Selain itu, Anda juga harus sabar menunggu karena proses klaim dan verifikasinya memakan waktu dan cukup lama.

0 comments:

Post a Comment