Thursday, March 14, 2019

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Kredit Motor?


Saat ini memang sudah ada banyak sekali dealer di Indonesia yang menghadirkan promo kendaraan roda dua yang bisa dibeli secara kredit. Bahkan tak jarang pula dari mereka yang berlomba menawarkan persyaratan yang mudah dan cepat. Pasalnya pembelian motor secara kredit dan tunai tentu memiliki perbedaan. Ini hal yang perlu diperhatikan saat kredit motor

Uang Muka (Uang DP), Tentukan Besarnya Cicilan
Pada umumnya semakin besar uang muka yang dibayarkan maka semakin kecil atau semakin ringan pula cicilan setiap bulannya. Begitu pula sebaliknya. Pada umumnya setiap dealer tentunya memiliki price list sendiri-sendiri yang disertai dengan informasi mengenai berapa besarnya cicilan yang harus dibayarkan dan sudah disesuaikan dengan besarnya uang muka. 

Untuk itu, hal paling utama yang perlu Anda perhatikan sebelum kredit motor adalah menentukan berapa besarnya uang muka yang akan Anda bayarkan. Terlebih lagi besarnya uang muka ini juga akan mempengaruhi ringan tidaknya cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya. Pastikan untuk memilih opsi yang paling menguntungkan bagi Anda. 

Masa Tenor Juga Ikut Menentukan Harga Motor
Setelah menentukan berapa besarnya uang muka yang akan dibayarkan, hal selanjutnya yang perlu dilakukan oleh para konsumen adalah menentukan masa tenor atau jangka waktu cicilan. Pada umumnya masa tenor atau jangka waktu cicilan tersedia mulai dari 10, 16, 22, 28, 32, hingga 34 bulan. Untuk itu pastikan Anda memilih sesuai dengan kondisi keuangan ya. 

Pemilihan masa tenor atau jangka waktu cicilan ini ternyata juga ikut mempengaruhi berapa besarnya harga motor yang harus Anda bayarkan. Dengan memilih masa tenor yang lebih panjang maka cicilan bulanan yang harus dibayarkan juga lebih ringan. Begitu pula sebaliknya, masa tenor yang pendek juga akan mempengaruhi cicilan bulanan yang akan lebih besar. 

Dokumen Persyaratan Lebih Selektif
Pada umumnya pihak leasing akan langsung membayarkan harga motor yang Anda inginkan kepada pihak dealer hanya apabila proses pengajuan sudah disetujui dan dokumen persyaratan sudah lengkap dan memenuhi kriteria. 

Jadi sangat wajar jika pihak leasing cenderung akan meminta beberapa dokumen pribadi Anda untuk melakukan proses pengajuan kredit kendaraan Anda. Beberapa persyaratan dokumen yang dibutuhkan biasanya berupa slip gaji, KTP, fotokopi KK, fotokopi KTP, fotokopi PBB, fotokopi KTP orang tua jika masih berstatus lajang, dan lain sebagainya. 

Mendapatkan Asuransi dan Biaya Servis Gratis
Pada umumnya jika Anda membeli motor secara kredit sudah dilengkapi dengan fasilitas asuransi kendaraan termasuk dengan biaya asuransinya. Tak hanya itu saja, pembelian motor secara kredit biasanya juga memberikan fasilitas gratis perawatan motor. Biasanya servis gratis ini akan diberikan sebanyak 4 kali dengan disertai ganti oli 1 satu kali. 

Namun perlu untuk diingat bahwa fasilitas asuransi dan biaya servis gratis yang diberikan ketika membeli motor secara kredit ini tidak termasuk dalam penggantian suku cadang. Untuk itu bagi Anda yang hendak membeli motor secara kredit, pastikan Anda mendapatkan fasilitas tersebut ya. Tentunya Anda tak mau rugi bukan? 

Diskon
Meski membeli motor secara kredit, ternyata Anda juga bisa mendapatkan diskon lo. Pasalnya ada beberapa dealer motor yang memberikan diskon yang berupa potongan masa tenor. Dalam artian Anda akan diberikan bonus 1 bulan gratis cicilan ketika semua proses kredit Anda sudah selesai. Bahkan terkadang ada juga promo diskon berdasarkan besarnya uang muka. 

Itulah beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan sebelum kredit motor. Ya membeli motor secara kredit memang memberikan banyak kemudahan bagi Anda. Meski begitu Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal dan persyaratan akan berpengaruh pada proses pengajuan kredit Anda nantinya.  

0 comments:

Post a Comment