Monday, March 25, 2019

Apakah Berbahaya Saat Diare Anak Tetap Dibiarkan Minum Susu?


Diare merupakan salah satu gangguan kesehatan yang paling sering dialami oleh anak-anak, tentu saja sangat beragam penyebabnya. Sebagai orang tua harus paham akan hal ini, jika tidak tentu akan berakibat serius seperti kematian. Bahkan hal itu sudah langsung terjadi di Indonesia, lebih dari 150 ribu anak mengalami kematian akibat masalah tersebut. Dan paling banyak yang menyebabkan masalah tersebut karena adanya infeksi dari virus. Bakteri ataupun parasit yang tumbuh pada tubuh sehingga menyebabkan mengalami masalah tersebut.

Sebagai orang tua, tentu akan sangat khawatir sekali melihat anak mengalami diare. Bisa dibayangkan sendiri, bagaimana ketika mengalami diare pada orang dewasa apalagi itu pada anak. Saat mengalami masalah diare, pasti anak akan mengalami beberapa gangguan seperti:

1. Nafsu makan yang berkurang cukup banyak.
2. Suhu badan meningkat.
3. Tubuh yang lemas karena kurangnya asupan dari makanan.
4. Dehidrasi akibat kurangnya cairan yang bisa saja keluar dengan cepat.
5. Pusing dan keluar keringat dingin pada tubuh anak dan masih banyak hal lainnya yang menjadi tanda diare pada anak.

Asupan makanan pada anak saat diare memang sangat kurang sekali, untuk itu sering sekali orang tau mengganti dengan memberikan susu. Susu sendiri mengandung bakteri probiotik probiotik untuk anak diare dan intoleransi laktose yang baik untuk tubuh anak. Tetapi pada kenyataannya masih banyak sekali orang tua yang tidak mengetahui hal tersebut dengan baik sehingga mempunyai anggapan jika susu merupakan produk yang harus dihindari saat anak mengalami masalah kesehatan tersebut.

Bagi Anda sebagai orang tua yang sampai dengan saat ini sering melarang anak untuk mengkonsumsi susu saat diare, lebih baik segera hentikan. Karena dengan adanya kandungan probiotik dalam susu tersebut sebagai obat untuk mempercepat penyembuhan luka pada saluran pencernaan atau dapat menggantikan bakteri jahat menjadi baik. Dengan mengkonsumsi susu, nutrisi seimbang akan didapatkan oleh anak pada saat diare sebagai pengganti dari asupan yang kurang. Tetapi tidak lupa untuk menggunakan pula air putih untuk menghindari dehidrasi.

0 comments:

Post a Comment