Tuesday, April 16, 2019

Waspada, Inilah 5 Penyebab Mata Belekan pada Bayi


Mata belekan pada bayi menjadi gangguan yang seringkali kita jumpai. Bahkan, satu dari 20 bayi yang baru lahir mengalami belekan pada beberapa minggu pertamanya. Data ini menunjukkan bahwa usia bayi rentan terhadap belekan. Sebenarnya, apa yang membuat bayi mudah terkenal belekan pada mata?

1. Saluran air mata belum terbentuk sempurna
Pada usia bayi, terutama bayi yang baru lahir, tentunya ada beberapa organ atau bagian tubuh bayi yang belum bisa berfungsi secara sempurna. Salah satunya adalah saluran air mata. Itulah mengapa air mata tidak bisa keluar dengan baik sehingga tertahan di sudut mata. Air mata yang tertahan ini kemudian berubah menjadi belekan.

Lambat laun, setelah bayi makin tumbuh dan berkembang maka saluran air mata menjadi lebih sempurna dan dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Saat kondisi inilah bayi mulai jarang atau bahkan tidak pernah mengalami belekan.

2. Mengalami iritasi ringan
Meskipun masih bayi, mereka juga bisa mengalami iritasi pada mata. Biasanya, iritasi ini masih terbilang ringan akibat bayi sering menyentuh dan menggosok matanya. Mengingat banyaknya kotoran yang dapat menempel pada tangan memungkinkan kotoran tersebut berpindah ke mata hingga iritasi dan menyebabkan belekan.

Iritasi yang masih terbilang ringan mungkin tidak begitu mengkhawatirkan bagi para ibu. Namun, jika Anda menemukan mata bayi yang selalu mengeluarkan belek dan jumlah yang tidak normal, maka Anda harus segera pemeriksakannya.

3. Benda asing yang masuk ke mata
Secara tidak sengaja, mungkin kotoran atau debu akan masuk ke dalam mata bayi. Apabila kotoran atau debu tersebut menumpuk, maka bisa menyebabkan belekan. Kondisi ini normal dialami oleh siapa saha, bahkan orang yang sudah dewasa jadi tidak begitu berbahaya. 

Meski demikian, Anda juga harus menjaga kesehatan mata bayi agar nantinya tidak mengalami gangguan atau penyakit pada mata. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa udara di dalam rumah terbebas dari kotoran atau debu.

4. Mengalami alergi
Mata belekan pada bayi tidak selalu berhubungan dengan kotoran atau benda asing lain yang masuk ke dalam mata, karena bisa juga menjadi indikasi bahwa anak Anda mengalami alergi. Apabila memang benar bahwa anak Anda mengalami alergi, biasanya belekan yang dialami akan disertai dengan gejala lain, seperti bersin-bersin.

Belekan yang disebabkan karena alergi biasanya juga akan mereda dengan sendiri, bahkan tidak membutuhkan waktu yang lama. Anda harus perlu waspada jika belekan disertai dengan gejala demam dalam waktu yang lama.

5. Infeksi bakteri dan virus
Bayi yang mengalami belekan biasanya mengalami infeksi bakteri dan virus. Hal ini bisa terjadi ketika bahan yang kita gunakan untuk membersihkan mata tidak bersih dan terkontaminasi kotoran. Itulah mengapa penting untuk memastikan kebersihan berbagai hal untuk keperluan bayi, mulai dari pakaian, tempat tidur, dan lainnya. 

Mata belekan pada bayi sebenarnya bukanlah kondisi yang harus dikhawatirkan karena hal ini normal terjadi pada sebagian besar bayi. Anda bisa memberikan penanganan yang tepat dengan mengakses informasi dari orami.co.id. Anda juga bisa mendapatkan berbagai keperluan bayi yang berkualitas dan higienis.  

0 comments:

Post a Comment