Thursday, August 1, 2019

Intip Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Lampu HID Berikut Sebelum Membeli


Dalam sebuah kendaraan, lampu memegang peran penting sebagai penerangan saat berkendara dengan kondisi jalan yang gelap. Selain itu lampu juga berguna sebagai pemberi isyarat pada pengendara jalan yang lain. Sehingga bisa dikatakan jika lampu pada kendaraan menjadi salah satu fitur keselamatan yang cukup penting. Selain itu, lampu kendaraan juga sering digunakan untuk mendongkrak penampilan agar menjadi lebih gaya. Tak heran jika banyak pemilik kendaraan, seperti mobil khususnya melakukan modifikasi pada bagian lampu utamanya. Dari yang semula menggunakan lampu standar bawaan dari mobil, menggunakan jenis lampu lainnya yang lebih baik dari segi pencahayaan maupun desain. Berbicara tentang jenis lampu yang sering digunakan sebagai modifikasi, maka Anda perlu mengetahui lampu HID (High Intensity Discharge) atau biasa disebut juga dengan nama lampu Xenon.

Jenis lampu ini merupakan teknologi bola lampu yang menggunakan arus terukur dengan desain khusus sehingga mampu memberikan efek pencahayaan yang sangat kuat. Memodifikasi lampu bawaan mobil dengan HID akan membuat pencahayaan mobil lebih sempurna. Selain itu, HID juga dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengembalikan kinerja lampu yang meredup akibat berkurangnya daya pada reflektor lampu. Untuk memasang HID, bohlam asli perlu dilepas terlebih dahulu, baru kemudian diganti dengan bohlam HID. Agar bisa hidup perlu adanya wiring set dan ballast. Untuk memperindah pancaran lampu dari headlamp, Anda juga bisa menambahkan angel eyes.

Kelebihan Lampu HID

Sering digunakan dalam modifikasi mobil, nyatanya ada beberapa kelebihan dan kekurangan tersendiri yang dimiliki oleh HID. Pertama-tama kita mulai dari kelebihan yang dimiliki terlebih dahulu, diantaranya yaitu:

1. Memiliki Suhu Warna atau Kelvin (K) yang Bervariasi
Opsi yang tersedia, mulai dari 3000K hingga 12000K. Diantara keduanya itu juga terdapat suhu warna atau kelvin 6000K yang terdekat dengan cahaya matahari.

2. Tingkat Cahaya yang Cerah Tiga Kali Lipat Dibandingkan dengan Lampu Standar
Hal ini tentunya sangat membantu pengemudi saat harus berkendara di jalanan yang gelap dan berkabut.

3. Pancaran Lebih Jauh Dua Kali Lipat Dibandingkan dengan Lampu Standar
Dalam mentransfer energi listrik ke energi cahaya terbilang sangat cepat. Efisiensinya bahkan sampai 70% lebih tinggi dibandingkan dengan lampu standar. Disamping juga HID akan lebih aman bagi pengemudi karena cahayanya memperluas penglihatan.

4. Lebih Hemat Energi
Penggunaan energi listrik pada HID hanya membutuhkan sekitar 60W.

5. Tidak Ada Filamen Cahaya HID Sehingga Tidak Ada Dumping
Karena hal inilah, HID akan lebih lama dalam pemakaian dibandingkan.

6. Jika Mengalami Kerusakan, Maka Akan Menunjukkan Tanda-tanda Semakin Meredup, Tidak Mati Secara Tiba-tiba.
Kelebihan ini membuat pemilik mobil memiliki cukup waktu untuk menggantinya agar tidak mati padam di tengah jalan dan berakibat fatal.

7. Lebih Awet dan Tahan Lama
Hal ini lantaran terdapat sistem tahanan yang terpasang pada rangkaian lampu sehingga kondisinya terus terjaga dengan baik.

Kekurangan Lampu HID

Nah, jika itu tadi beberapa kelebihan lampu HID, maka berikut ini ada beberapa kekurangan yang perlu Anda ketahui.

1. Cahaya Terlalu Terang
Cahaya HID mobil yang terlalu terang bisa berakibat buruk bagi diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya. Karena cahaya yang mencolok bisa membuat mata mengalami buta sesaat. Sehingga beresiko mengalami kecelakaan dalam berkendara. Untuk mengatasi hal ini, lakukan pengaturan dalam pemasangan proyektor agar intensitas cahaya HID bisa dikurangi.

2. Memiliki Harga yang Relatif Mahal
Harganya yang cukup mahal membuat beberapa orang berpikir ulang untuk menjatuhkan pilihan pada HID.

3. Membuat Headlamp Cepat Kusam
Selama penggunaan, HID bisa membuat headlamp cepat kusam, tepatnya pada bagian mika kaca dan crom reflektor. Hal ini bisa diatasi dengan membersihkannya secara berkala.

0 comments:

Post a Comment