Friday, September 13, 2019

Sangat Mudah, Begini Cara Mengajukan Klaim Asuransi Rumah


Ada berbagai macam jenis asuransi yang ditawarkan oleh sejumlah perusahaan asuransi terbaik di Indonesia. Salah satunya ialah asuransi rumah. Seperti cara penyebutannya, asuransi ini akan memberikan perlindungan terhadap kerugian yang ditimbulkan oleh berbagai risiko seperti pencurian, kebakaran ataupun bencana alam. 

Jadi, semisal nanti terjadi kerusakan pada rumah yang diakibatkan oleh berbagai hal tak menyenangkan tersebut, pemilik polis asuransi rumah bisa mengajukan klaim dan nanti uangnya bisa dipakai untuk mengatasi atau mengurangi kerugian finansial. Prosedur pengajuan klaim ini sangat mudah, tapi jika Anda masih bingung, begini gambaran garis besarnya

Prosedur Pengajuan Klaim Asuransi Rumah

1. Laporkan Kejadian

Begitu ada risiko yang terjadi pada rumah, maka Anda harus melaporkan hal tersebut pada perusahaan asuransi yang telah Anda ikuti sesegera mungkin. Jangan menunda-nunda karena umumnya perusahaan asuransi memberikan batas waktu yang cukup singkat bagi nasabahnya untuk melapor setelah risiko terjadi.

2. Siapkan Data yang Diperlukan

Saat Anda melakukan pelaporan, pastinya Anda memerlukan data-data pendukung untuk menguatkan laporan tersebut seperti tanggal dan lokasi kejadian, daftar kerusakan, nomor yang bisa dihubungi atau alamat email serta perkiraan kerugian yang Anda alami. 

3. Perusahaan Asuransi Akan Melakukan Peninjauan

Setelah memberikan laporan tadi, Anda hanya perlu menunggu pihak perusahaan asuransi untuk menirimkan adjuster atau peninjau untuk melakukan verifikasi data sekaligus investigasi yang ada hubungannya dengan risiko yang telah Anda alami. 

Setelah adjuster atau peninjau ini selesai melakukan tugasnya, maka perusahaan akan langsung membuat penilaian terhadap besarnya kerugian yang telah diajukan. 

4. Siapkan Dokumen

Selesai dengan ketiga tahap di atas, biasanya perusahaan asuransi akan meminta Anda untuk melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan supaya klaim asuransi bisa segera diproses. Masalah kelengkapan dokumen ini tentu disesuaikan dengan risiko yang Anda alami. 

5. Klaim Akan Dibayarkan

Apabila semua proses di atas telah Anda jalani dan pihak perusahaan asuransi menilai bahwa risiko yang Anda alami memang benar-benar terjadi tanpa adanya unsur kesengajaan, maka klaim Anda akan diterima. Adapun besar uang yang dibayarkan nanti ialah sebesar nilai pertanggungan yang sudah Anda sepakati. 

Sangat mudah bukan melakukan pengajuan klaim asuransi rumah? Kini Anda sudah tidak perlu takut lagi mengajukan klaim untuk mendapatkan ganti rugi. Anda pun bisa mengikuti asuransi kesehatan agar bisa mempunyai jaminan atas kesehatan diri sendiri. Dan jangan lupa, lakukan kewajiban sebagai peserta asuransi seperti membayar premi asuransi kesehatan Generali sesuai dengan yang telah disepakati. 

0 comments:

Post a Comment