Tuesday, October 22, 2019

Bagaimana Sih Cara Kerja Kulkas ?


Keberadaan kulkas bagi kehidupan yang serba modern ini dirasa sangat penting. Fungsi utama dari kulkas adalah untuk menyimpan makanan dan buah buahan segar, sehingga membuat makanan lebih awet dan terjaga kualitasnya. Dengan suhu yang tetap terjaga, maka kualitas bahan makanan yang disimpan pada kulkas akan terjamin. Namun pernahkan anda mengetahui cara kerja dimensi kulkas 2 pintu, yuk simak ulasan berikut.

Cara Kerja dan Berbagai Komponennya

1. Cara Kerja Kulkas

Cara kerja dari sebuah kulkas rupabya cukup sederhana, yaitu menggunakan prinsip perpindahan kalor. Hal ini bermula dari sebuah kompresor yang berfungsi sebagai tenaga penggerak. Ketika motor kompresor berputar, maka dapat memberikan tekanan utnuk semua bahan pendingin yang telah dialiri oleh listrik. Bahan pendingin ini berwujud gas yang apabila diberikan tekanan tertentu, akan menghasilkan tekanan dan suhu tinggi.

Dengan wujudnya yang berupa gas, dapat membuat refrigerant yang mengalir menuju kondensor. Gas ini nantinya akan disaring terlebih dahulu oleh filter yang ada. Pada kondisi titik kondensasi, gas akan berubahn menjadi embun dan akan berubah menjadi cair. Setelah itu, refrigerant cair yang memiliki tekanan tinggi, akan terdorong dan menuju pipa kapiler. Ketika mencapai tahapa ini, refrigerant akan naik ke evaprator.

Refrigerant yang naik ke evaprator disebabkan adanya tekanan kapilaritas yang dimiliki oleh pipa kapiler itu sendiri. Ketika refrigerant cair yang berada dalam evaporator, akan menguap dan berubah wujud menjadi gas kembali, namun suhunya berubah menjadi lebih rendah. Hal ini diakibatkan dari proses sebelumnya, sehingga udara yang ada di sekitar evapolator berubah menjadi rendah. Dari porses inilah akhirnya terkondensasi berubah menjadi bentuk cair. 

Jika proses ini terus berulang, memungkinkan udara yang ada di dalam kulkas berubah menjadi berku hingga mampu menghasilkan  butiran butiran es yang biasa disebut bunga es. Tidak hanya gas yang dapat berubah menjadi es, namun benda maupun air yang diletakkan berdekatan dengan evaporator akan membeku. Bahkan tidak jarang benda yang terlalu lama diletakkan dalam ruangan dingin ini, akan membeku dan susah untuk dicairkan. 

Keberadaan kulkas yang kian menjadi kebutuhan, menjadikan peluang usaha untuk bersaing menghadirkan kulkas terbaik untuk kebutuhan sehari hari, bahkan cenderung terus melakukan inovasi terbaru agar menarik perhatian konsumennya. Dibalik dari kecanggihan yang digunakan, masyarakat harus mengetahui bagiamana sistem kerja dari sebuah kulkas bisa menghasilkan suhu dingin untuk beberapa keperluan. 

2. Komponen Utama dan Fungsinya

Komponen penting yang ada pada pada kulkas adalah kompresor, dimana alat ini berfungsi sebagai bahan pendingin yang diarahkan ke seluruh bagian kulkas. Selain kompresor, teradapat komponen lainnya yang bernama kondensro, dimana komponen ini menjadi alat untuk menukarkan kalor yang nantinya akan diubah menjadi wujud gas bahan pendingin yang ada ketika mendapatkan suhu dan tekanan yang tinggi akan berubah menjadi wujud cair. 

Komponen selanjutnya adalah filter, dimana berfungsi untuk menyaring segala kotoran yang mungkin saja terbawa masuk pada aliran pendingin setelah melewati proses sirkulasi. Kemudian, ada evapolator yang berfungsi untuk menyerap panas yang berasal dari benda yang dimasukkan dalam lemari es untuk didinginkan. Thermostat merupakan komponen lainnya yang ada pada kulkas. Fungsi utamanya adalah untuk mengatur segala kinerja kompresor secara otomatis.

Komponen yang tidak kalah penting pada dimensi kulkas 2 pintu adalah heater, dimana berfungsi untuk mencairkan bunga es yang ada pada evapurator. Kemudian ada fan motor yang berfungsi untuk menghembuskan udara dengan suhu rendah yang berasal dari evaporator, dimana udara ini nantinya  akan dihembuskan ke seluruh rak dan mampu mendorong udara melalui kondensor dan kompresor. Selain itu, ada bahan pendingin berupa zat yang wujudnya. 

Kulkas nampaknya menjadi salah satu kebutuhan yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan seari hari, terutama bagi anda yang tinggal di daerah perkotaan. Agar memenuhi kebutuhan rumah tangga ataupun bisnis, kulkas sangat dibutuhkan untuk menyimpan bahan makanan agar lebih awet dan terjamin kualitasnya. Bahkan kulkas tidak hanya sebagai tempat untuk menyimpan bahan pangan, namun juga digunakan untuk mengolah bahan makanan. 

0 comments:

Post a Comment