Tuesday, October 15, 2019

Batu Empedu


Anda mungkin pernah mendengar tentang penyakit batu empedu. Batu empedu adalah gumpalan material atau Kristal padat yang terbentuk dalam kandung empedu. Kandung empedu berfungsu untuk membantu tubuh dalam mencerna lemak dengan cara menyimpan dan melepaskan emepedu ke usus kecil. kadnung empedu terletak dibawha hati dan berbentuk seperti buah pir. Empedu juga berfungi untuk menghilangkan lemak jahat atau kolesterol dalam tubuh.

Batu empedu ini biasnya terbentuk akibat tersumbatnya kandung empedu atau saluran empedeu Anda. Batu empedu bisa tersusun dari campurang senyawa tertentu ataupun kolesterol. Ukuran batu empedu berbeda pada setiap orang. Beberapa orang mungkin memiliki batu empedu yang hanya berukurang seperti sebuti pasisr, sementara beberapa lainnya bisa sebesar bola golf, Tak hanya itu saja, jumlah batu yang terbentuk pun dapat bermacam-macam. Ada yang memiliki satu buah batu dan ada juga yang banyak. Batu empedu merupakan kondisi yang dapat menyebabkan nyeri dan efek berbahaya bagi tubuh.  Terdapat dua jenis batu empedu. Diantarnaya adalah.

  • Batu Pigmen. Batu empedu jenis ini berwarna coklat tua dan hutan karena mengandung bilirubin yang berlebihan.
  • Batu kolesterol. Jenis batu empedu yang paling umum, Sering juga disebut dnegan batu kolesterol karena warnanya yang terlihat kekuningan. Batu kolesterol mengandung kumpulan kolesterol yang tidak dapat dicerna dan beberapa senyawa lainnya.

Gejala dan Tanda-tanda dari batu empedu

Sebagian besar kasusu batu empedu tidak menunjukan gejala yang khas. Namun, gejala tampak saat ukuran batu empedu cukup besar, sehingga menyumbat saluran kandung empedu dan saluran pencernaan lainnya. Pada umumnta gejala batu empedu dapat berupa.

  1. Nyeri mendadak dan terus-menerus pada perut tengan, dibawah tulang dada
  2. Nyeri mendadak dan terus – menerys pada perut kanan atas. 
  3. Nyeri di bahu kanan
  4. Nyeri punggung di antara tulang bahu Anda
  5. BAB dengan feses berwarna putih dan pucat
  6. Demam
  7. Mual dan muntah
Tanda dari nyeri nya bisa berlangsung selama beberapa menit hingga berjam-jam. Biasanya kemunculan gejala jika Anda mengonsumsi makanana tertentu dnegan kadar lemak yang tinggi. jika anda merasa ada gejala gejala diatas tidak perlu ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. 

Pencegahan 

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukn untuk mengurangi resiko terkena batu empedu, antara lain adalah:

Olahraga teratur
Olahraga secara rutin memegang peranan penting untuk menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan, termasuk agar terhindar dari penyakit yang satu ini, Seperti yang disebutkan diatas, obesitas adalaha salah satu faktor resiko penyebab batu empedu. 

Dengan memperbanyak aktivitas fisik dan melakukan olahraga secara teratur, resiko anda mengalami obesitas pun akan menurun hal ini pada akhirnya juga menurunkan resiko anda terkena batu di kantung empedu, 

Perhatikan asupan makanan 
Batu emepedu bisa dicegah dengan megkonsumsi makanan sehat dan kaya akan serat. Seperti buah-buahan dan juga sayur –sayuran. Kemudian, hindari makanan berlemak atau mempunyai kadar kolesterol yang tinggi. menjagfa berat badan dengan melakuan diet sehat juga dapat menurunkan resiko terjadinya batu empedu. 

Jangan Menunda Makan 
Cobalah berusaha untuk makanan tepat pada waktunya. Menunda atau justru melewatkan makan dapat menignkatkan resiko Anda terkena penyakit yang satu ini. 

Menurunkan Berat Badan Secara Perlahan
Berusahalan untuk menurunkan berat badan guna mencapai berat badan yang ideal, Namun ingat penurunan berat bada yang anda lakuak harus seimbang dengan olahraga dan juga supan makanan yang tepat.

0 comments:

Post a Comment