Tuesday, October 29, 2019

Penyakit Endometriosis pada Wanita


Rahim beserta seluruh organ reproduksi wanita rentan akan terserang penyakit. Salah satu penyakit tersebut adalah endometriosis. Penyakit ini memang tidak sepopuler kista, namun ternyata tak sedikit juga wanita yang mengidap endometriosis. Kenali gejala-gejala penyakit ini agar Anda tetap selalu waspada dan bisa bersiap diri. 

Pengertian Endometriosis

Endometriosis merupakan penyakit yang menyerang organ reproduksi wanita. Penyakit ini disebabkan oleh jaringan yang seharusnya melapisi dinding rahim atau endometrium malah tumbuh serta menumpuk di luar rahim. Penebalan pada dinding rahim akan terjadi ketika wanita akan mengalami ovulasi, namun jika tak ada ovulasi, dinding rahim akan luruh menjadi darah menstruasi.

Dalam kasus endometriosis, jaringan yang tumbuh di luar rahim akan ikut luruh namun tidak akan keluar sebagai darah menstruasi. Sisa-sisa jaringan yang luruh tersebut akan mengendap di sekitar organ reproduksi.

Gejala Endometriosis

Salah satu gejala endometriosis adalah nyeri haid. Akan tetapi nyeri yang dirasakan berbeda dengan nyeri haid hari pertama normal. Nyeri yang dirasakan tentunya lebih parah dari pada nyeri haid normal meskipun intensitas serta tingkat keparahan nyeri pada setiap penderita akan berbeda. Pada umumnya, rasa nyeri tersebut akan bertambah parah ketika sedang menstruasi dan berhubungan seksual.

Gejala berikutnya adalah volume darah yang dikeluarkan saat menstruasi lebih banyak dan berlebihan dari pada wanita kebanyakan. Selain itu, ketika sedang buang air kecil dan air besar Anda akan merasakan sakit bila mengidap penyakit ini. Beberapa penderita juga merasakan mual, muntah serta diare. 

Stadium Endometriosis

Penyakit endometriosis dibagi menjadi empat stadium yaitu:

1. Endometriosis minimal adalah kondisi dimana jaringan endometrium yang kecil dan dangkal muncul di indung telur serta terdapat peradangan di sekitar rongga panggul.

2. Endometriosis ringan yaitu terdapatnya endometrium yang kecil serta dangkal pada dinding panggul.

3. Endometriosis menengah yaitu kondisi indung telur yang terdapat beberapa jaringan endometrium yang cukup dalam di dalamnya.

4. Endometriosis berat yaitu kondisi simana jaringan endometrium yang dalam terdapat di indung telur, dinding panggul, saluran indung telur, serta di usus. 

Salah satu ciri dari penyakit ini adalah nyeri saat haid, waspadalah ketika nyeri haid Anda sudah tidak bisa diatasi oleh pereda nyeri haid biasa. 

0 comments:

Post a Comment