Monday, October 21, 2019

Sembelit dan Berbagai Penyebabnya


Sembelit atau susah buang air besar yang dalam Bahasa medis disebut konstipasi, terjadi ketika frekuensi buang air besar menjadi berkurang. Sebenarnya frekuensi buang air besar bisa berbeda-beda pada setiap orang. Tidak ada patokan baku mengenai berapa kalin normalnya buang air besar dalam sehari atau seminggu. Namun, biasanya tidak buang air besar selama lebih dari tiga hari atau frekuensi BAB kurang dari tiga kali dalam satu minggu, hal itu sudah dapat dikatakan susah buang air besar. Ini karena setelah tiga hari struktur tinja menjadi lebih keras dan lebih sulit untuk dikeluarkan. 

Penyebab susah buang air besar sering kali sulit untuk diketahui secara pasti. Namun, secara umum ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan sembelit atau susah buang air besar, antara lain seperti pola makan yang buruk, kehamilan, menunda buang air besar, pengaruh obat-obatan, atau karena kondisi kesehatan tertentu. Menunda buang air besar juga dapat menjadi penyebab sembelit. Sering kali anak-anak maupun orang dewasa memiliki keengganan pergi ke toilet untuk buang air besar ketika mulai terasa ingin BAB, entah karena alasan takut, malu, dan tidak memiliki privasi untuk menggunakan toilet atau berbagai alasan lainnya. Namun, menunda-nunda buang air besar ketika ada desakan untuk melakukannya, justru berisiko menyebabkan sembelit. Maka dari itu, bersegeralah dalam menjawab panggilan alam. 

Mengonsumsi obat-obatan tertentu juga dapat menimbulkan efek samping berupa susah buang air besar. Obat-obatan tersebut bisa meliputi suplemen kalsium, suplemen zat besi, obat antiepilepsi, antidepresan, antipsikotik, obat-obatan diuretic, serta obat Pereda nyeri golongan narkotik, seperti kodein dan morfin. Selain itu, berlebihan dalam memakai obat untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti antasida dan antidiare, serta kebiasaan mengonsumsi obat laksatif, juga dapat menimbulkan sembelit. 

Banyak cara dalam mengatasi seembelit atau susah buang air besar yang bisa Anda lihat di berbagai website kesehatan. Yang paling utama adalah perbanyak minum air putih. Karena biasanya sembelit terjadi karena tekstur tinja yang keras, dan mengonsumsi banyak cairan dapat melunakkan tekstur tinja. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi obat yang dapat Anda beli di sumber : https://www.goapotik.com/promo/obat-diare-anak-dan-dewasa-dan-obat-sembelit-dan-susah-buang-air-besar

0 comments:

Post a Comment