Wednesday, December 25, 2019

Tips Mengatasi Gangguan Pencernaan Pada Bayi


Nutrisi pada makanan sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak. Dengan demikian, makanan yang dikonsumsi juga berpengaruh terhadap perkembangan otak bayi. Anda kunjungi  link https://www.guesehat.com/apa-saja-makanan-yang-memengaruhi-kecerdasan-bayi untuk info lebih lanjut. 

Meskipun banyak jenis makanan yang menyehatkan, namun tidak semua dapat ditampung oleh bayi. Anda harus memperhatikan diet makanan yang dikonsumsi bayi agar tidak mengganggu organ pencernaannya. 

Cara Mengatasi Gangguan Pencernaan Bayi

1. Muntah 

Muntah pada bayi disebabkan oleh refluks gastroesofagus (RGE), yaitu isi di lambung kembali ke kerongkongan keluar melalui mulut. Muntah berupa air liur, minuman atau makanan yang tertelan dan cairan empedu. RGE dianggap normal apabila bayi tetap bisa minum susu dan berat badannya naik. 

Anda dapat melakukan upaya agar mengurangi muntah, yaitu saat Anda menyusui alangkah baiknya jika posisi bayi setengah duduk. Hindari menyusui sambil tiduran. Anda usahakan setiap selesai minum bayi disendawakan terlebih dahulu agar bayi tidak muntah. 

2. Sakit Perut 

Sakit perut pada bayi dibawah 4 bulan ditandai dengan bayi menangis. Kadang disertai dengan kembung dan muntah. Solusi untuk mengatasinya adalah dengan menggendong bayi agar terasa nyaman, memberi air gula agar sakitnya berkurang. Anda segera periksakan ke dokter bila sakit tak kunjung reda. 

3. Diare

Penyakit diare adalah hal yang wajar dialami bayi. Namun, Anda perlu waspada apabila diare pada bayi disertai dengan darah, muntah, sakit perut, berkurangnya kencing bayi, demam tinggi dan lain-lain. Anda dianjurkan untuk memeriksakan ke dokter agar bayi segera mendapatkan pertolongan yang tepat.   

4. Sembelit

Sembelit pada umumnya terjadi karena bayi kurang minum, kurang asupan buah dan sayur serta takaran susu yang diberikan berlebihan. Solusinya adalah dengan memperbanyak memberi air putih, mengkonsumsi buah selain pisang dan apel serta diberi susu dengan takaran yang tepat.

5. Kembung 

Pada umumnya anak yang mengalami kembung disertai dengan muntah, diare, sakit perut dan sembelit. Salah satu cara mengatasi kembung antara lain adalah dengan menyendawakan bayi setelah minum. Info lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi link https://www.guesehat.com/mengatasi-gangguan-pencernaan-pada-bayi.

0 comments:

Post a Comment