Tuesday, April 7, 2020

Dear Bikers, 5 Perlengkapan Ini Wajib Dipakai Saat Berkendara!

Sumber : radarbogor.id

salah satu rutinitas orang-orang yang tak bisa lepas dari kegiatan sehari-hari mereka adalah berkendara, baik itu menggunakan motor maupun mobil. Tetapi sekarang ini banyak yang memilih untuk menggunakan motor daripada mobil. Tak lain adalah hanya untuk menghindari jalanan yang macet apalagi buat para penghuni daerah ibu kota. Misalnya saja Jakarta, salah satu ibu kota satu ini memang terkenal akan jalanannya yang selalu macet. Oleh sebab itu, menggunakan sepeda motor menjadi pilihan paling tepat untuk menghadapi kemacetan tersebut. 

Tetapi meskipun berkendara menggunakan sepeda motor menjadi salah satu pilihan tepat untuk menghadapi kemacetan tersebut tetap saja kita akan mendapatkan risikonya. Salah satu risiko yang paling umum terjadi saat berkendara menggunakan sepeda motor adalah terjatuh. Nah, untuk mengurangi risiko tersebut, alangkah baiknya kamu selalu menggunakan perlengkapan pengaman ketika sedang mengendarai sepeda motor. Lantas apa saja perlengkapan yang diperlukan saat ingin berkendara dengan sepeda motor? Yuk, langsung saja simak daftarnya dibawah ini!

1. Helm

Sumber : beritabaik.id

Perlengkapan satu ini menjadi weapon terbaik dan wajib banget dipakai sebelum berkendara. Tak hanya sebagai pelindung kepala saat terjatuh saja, helm juga bisa berfungsi sebagai pelindung mata dari terjangan debu dan angin. Menggunakan helm pun juga nggak boleh sembarangan, kamu harus memilih helm yang sudah bersertifikat SNI atau Standar Nasional Indonesia. Selain itu jangan lupa juga selalu mengancingkan tali pengikat pada helm supaya tidak terlepas.

2. Jaket

Sumber : radarbogor.id

Menggunakan jaket juga menjadi salah satu hal wajib sebelum mengendarai motor lho. Fungsi dari perlengkapan keamanan berkendara satu ini banyak lho. Misalnya saja untuk melindungi anggota tubuh dari risiko terluka ketika terjatuh. Selain itu jaket juga bisa melindungi bagian dada ketika perjalanan jauh di malam hari. Melindungi tubuh dari terjangan debu dan terik sinar matahari pun juga bisa dengan menggunakan jaket.

3. Celana panjang

Sumber : otojurnalisme.com

Menggunakan celana pendek ketika berkendara merupakan salah satu hal yang tidak dianjurkan. Karena selain kepala bagian yang rawan terluka saat terjatuh adalah pada kaki. Oleh sebab itu sangat dianjurkan sekali menggunakan celana panjang ketika berkendara. Selain itu celana panjang juga bisa menghangatkan kaki saat terkena terjangan angin ketika berkendara di malam hari.

4. Sarung tangan

Sumber : beritasatu.com

Menggunakan sarung tangan ketika berkendara memang masih saja jarang dilakukan oleh para pengendara. Padahal sarung tangan ini punya peran yang penting lho saat berkendara. Gimana tidak, dengan menggunakan sarung tangan ini tentu bagian pergelangan tangan kita akan terlindung dari goresan. Tak hanya itu, bahkan sarung tangan juga bisa membuat tangan tidak licin saat berkendara. Bahkan sarung tangan ini bisa mencegah kulit belang lho. Pasti dong kamu nggak mau warna kulit tangan belang?

5. Sepatu

Sumber : superadventure.co.id

Masih saja banyak pengendara sepeda motor yang menggunakan sandal ketika berkendara. Padahal menggunakan sandal memiliki risiko yang berbahaya lho. Oleh sebab itu mending kamu pakai sepatu deh. Karena ketika terjatuh kaki akan terhindar dari terluka berkat memakai sepatu. 

Nah, itulah lima perlengkapan pengendara sepeda motor yang wajib dipakai sebelum berkendara. Dengan memakai perlengkapan ketika berkendara pastinya kita akan terasa lebih nyaman, apalagi ketika terjatuh risiko terluka akan berkurang. Kalau kamu ingin melindungi motor kamu dari para pencuri, kamu juga bisa tambahkan alarm motor. Jadi, mana nih perlengkapan yang belum kamu punya?

0 comments:

Post a Comment