Tuesday, October 20, 2020

Pecinta Kopi, Sudahkah Anda Tahu 4 Jenis Kopi Ini?

Siapa yang tidak bisa melewatkan hari tanpa minum kopi? Sudah pasti Anda adalah penikmat kopi. Kopi menjadi pilihan yang paling banyak digemari selain teh untuk mengisi waktu bersantai. Biasanya orang-orang akan meminum kopi untuk mengurangi kantuk. Saat ini di Indonesia juga sudah banyak dijual kopi instan untuk memudahkan orang-orang dalam membuatnya, sebut saja contohnya Nescafe Classic dengan berbagai pilihan rasa yang tersedia.

Kopi-kopi instan yang saat ini di jual di pasaran pun beragam jenisnya. Termasuk Nescafe Classic yang memiliki berbagai varian rasa. Banyak perusahaan berlomba-lomba memproduksi kopi instan bahkan beberapa orang membuka kedai khusus kopi karena tingginya minat masyarakat terhadap minuman yang satu ini.

Jenis-Jenis Kopi

Namun tahukah Anda bahwa banyak sekali terdapat jenis kopi? Apa saja jenis kopi yang ada di dunia? Simak informasi berikut ini.

1. Kopi Robusta

Kopi robusta pertama kali ditemukan di negara Kongo. Di Indonesia, kopi jenis ini di jual dengan harga paling murah dibanding jenis kopi lainnya. Rasanya pun lebih pahit dari jenis kopi lain. Bagi Anda yang suka meminum kopi yang pahit, kopi robusta bisa menjadi pilihan tepat.

2. Kopi Arabika

Kopi arabika adalah kopi pertama yang ditemukan dan dibudidayakan hingga sekarang. Kopi ini pertama kali tumbuh di negara Brazil. Kopi arabika memiliki aroma yang lebih nikmat dan kuat dibanding jenis kopi lain, di Indonesia, kopi jenis ini adalah jenis kopi yang paling digemari.

3. Kopi Liberika

Sesuai namanya, kopi ini berasal dari Liberika. Kualitas dari kopi ini terbilang rendah dan mudah terserang hama jika dibanding kopi jenis lain, namun jenis kopi ini dapat berbuah sepanjang tahun di dataran rendah sehingga mudah di budidayakan.

4. Kopi Ekselsa

Kopi ekselsa juga termasuk dalam jenis kopi yang mudah untuk dibudidayakan dan bisa tumbuh pada lahan gambut. Namun penyebarannya tidak seluas kopi arabika dan robusta. Di Indonesia sendiri kopi jenis ini dapat ditemui di daerah Jambi.

Beberapa jenis kopi di atas merupakan bahan dasar yang digunakan perusahaan-perusahaan kopi dalam memproduksi kopi instan. Jika Anda ingin menikmati kopi langsung dari bijinya yang masih utuh, Anda bisa mengunjungi kedai-kedai kopi yang sudah banyak berdiri saat ini. Disana Anda dapat berbincang dengan barista atau si pembuat kopi mengenai kopi-kopi yang mereka gunakan sebagai bahan dasar.

Namun saat ini juga sudah banyak kopi yang diolah dalam bentuk instan. Hal ini tentu memudahkan penikmat kopi untuk lebih mudah menikmati kopi dimanapun dan kapanpun. Bahkan rasa yang dibuat pun sudah banyak variasinya. Mulai dari campuran coklat, vanila, karamel, ataupun alpukat. Kopi-kopi ini bisa dengan mudah di dapat dalam bentuk sachet ataupun botol. Jika ingin praktis, Anda bisa membeli kopi instan di minimarket terdekat, misalnya Nescafe Classic atau yang lainnya.

0 comments:

Post a Comment